Jumat, 26 Agustus 2011

Mengenal Tipe-Tipe Kepribadian Manusia (Bagian 1)

Tipe Perfeksionis


Pada kesempatan kali saya mencoba mengangkat salah satu tipe kepribadian pada manusia, yaitu tipe kepribadian perfeksionis. Orang dengan kepribadian perfeksionis memiliki motivasi untuk hidup secara teratur dan baik dengan cara mencoba mengatur dan merubah diri sendiri dan orang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa didalam setiap kepribadian manusia tidak ada yang sempurna. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga halnya dengan tipe kepribadian perfeksionis ini. Berikut dibawah ini merupakan kelemahan dan kelebihan yang paling mencolok dari tipe kepribadian perfeksionis ini :

ð  Kelebihan : patuh pada etika, disiplin, teratur, adil, bijaksana, jujur, serta produktif.
ð  Kekurangan : suka mengkritik orang lain, kaku, gelisah, iri, terlalu serius.

Orang yang memiliki tipe 1 ini menjadikan setiap hal yang diinginkannya dengan kata “HARUS”. Setiap hal yang dilakukan orang dengan kepribadian tipe perfeksionis ini selalu menuntut kata sempurna. Mereka akan merasa bersalah dan menghakimi diri sendiri jika tidak banyak melakukan kontribusi dalam melakukan sesuatu. Namun disamping itu mereka dalam bekerja sangat baik, hal ini dikarenakan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk memgang etika yang berlaku.
Orang dengan tipe kepribadian perfeksionis memiliki tuntutan yang tinggi. Sehingga tidak salah jika mereka memiliki rasa kepercayaan yang kurang terhadap orang lain untuk membantunya bekerja. Karena ia merasa orang lain tidak mampu bekerja sebaik dirinya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan mereka lebih sering gelisah dan cemas. Kegelisahan dan kecemasan ini yang kemudian memperlihatkan mereka dalam keadaan tidak bisa rileks.
Akan tetapi sangat berbangga juga untuk orang yang memiliki tipe perpeksionis. Mereka mampu menyelesaikan berbagai macam hal. Selain itu mereka bertanggung jawab dan berdedikasi dengan pekerjaan yang diberikan dengan mereka. Memiliki etika tinggi, serta ingin selalu menjadi terbaik dan mampu mengangkat orang lain untuk bisa jadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar